Dampak Positif dan Negatif Kloning



DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF KLONING

1.   Pengertian dan contoh
Secara terminologis, cloning adalah proses pembuatan sejumlah besar sel atau molekul yang seluruhnya identik dengan selatau molekul asalnya.Dalam bidang genetika kloning merupakan replikasi segmen DNA tanpa melalui prosesseksual (Rekombinasi DNA). Proses ini membuka peluang baru dalam terobosan teknologiuntuk mengubah fungsi dan prilaku makhluk hidup sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmanusia. Contohnya pada domba dolly. Pengkloningan yang dilakukan Wilmut dan Campbell pada domba adalah pertama-tama Wilmut mengambil sel epitel ambing (kelenjar mamae) seekor domba jenis Finn Dorset berumur 6 tahun yang sedang hamil. Kemudian sel kelenjar mamae itu dikultur dalam cawan petri dengan sumber makanan yang terbatas. Karena kelaparan sel itu berhenti berkembang atau mematikan aktivitas gennya. Sementara itu mereka juga mengambil sel telur yang belum dibuahi dari seekor domba betina jenis Blackface. Inti sel telur yang bisa membelah menjadi domba dewasa setelah dibuahi itu kemudian diambil, sehingga sel telur itu kosong, hanya berisi organela dan plasma sel saja.
Selanjutnya dua sel itu didekatkan satu dengan yang lainnya. Kejutan aliran listrik membuat kedua sel itu bergabung seperti dua gelembung sabun. Kejutan aliran listrik kedua meniru energi alami yang muncul ketika telur dibuahi oleh sperma, sehingga sel telur dengan inti baru itu merasa telah dibuahi. Kejutan aliran listrik itu telah mengubah sel telur dengan inti baru itu seakan-akan menjadi sel embrio. Kurang lebih 6 hari kemudian, sel embrio disuntikkan (dititipkan) ke dalam rahim seekor domba betina Blackface lainnya yang kemudian mengandung. Setelah mengandung selama 148 hari di rahim seekor induk domba titipan, pada tanggal 5 Juli 1996 lahir seekor domba betina yang diberi nama Dolly. Dolly lahir seberat 6,6 kilogram yang secara genetis persis dengan domba jenis Finn Dorset hasil klona dari donor sel mamae. Tapi domba dolly tidak dapat bertahan hidup se usia induknya dikarenakan mengidap beberapa penyakit yang terkait dengan sistim imunitas. Dapat disimpulkan bahwa proses pengkolingan memiliki dampak negative dan positif, yaitu :

Dampak positif :
1.      Menumbuhkan individu baru yang bebas penyakit keturunan seperti diabetes, leukemia, parkinson dan obesitas.
2.      Pengklonaan sel cloning dapat menghasillkan sel, jaringan, atau organ yang sesuai untuk pengobatan beberapa penyakit  yang disebabkan oleh kegagalan atau kerusakan fungsi suatu organ.
3.      pengkloningan akan sangat bermanfaat dilakukan pada hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan pangan. Misalnya pengkloningan kembar pada sapi untuk menghasilkan keturunan yang lebih banyak selama satu periode kelahiran dengan tujuan untuk meningkatkan produksi protein asal daging sapi.
4.      alternatif untuk melestarikan hewan langka, sehingga keberadaan hewan-hewan langka terus bisa dilestarikan.

2.         Dampak negatif :
1.      Dapat disalahgunakan untuk menciptakan spesies atau ras baru dengan tujuan tertentu yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan.
2.      kloning pada hewan belum sepenuhnya sempurna, contohnya domba Dolly ternyata menderita berbagai penyakit yang akhirnya memaksa para ilmuwan untuk melakukan eutanasi.
3.      Terjadi kekacauan kekerabatan dan identitas diri dari hasil kloning maupun induknya.
4.      Individu hasil cloning tidak akan mendapatkan imunitas bawaan, sehingga individu hasil cloning tersebut akan mudah terserang penyakit karna tidak mendapatkan imunitas bawaan sebagai pertahanan pertama terhadap infeks penyakit.
5.      Berkurangnya keaneka ragaman suatu spesies, karena individu yang dihasilkan dari proses pengkloningan sama persis dengan DNA maupun sifat dan fisik induknya.
6.      Individu hasil kloning sel-selnya diperoleh dari induknya. Ini berarti umur sel-sel hasil kloning pun sama dengan umur sel-sel induknya. Oleh karena itu, individu hasil kloning pun akan memiliki umur sama dengan induknya.

Comments

  1. aku sampek sekarang tidak bisa bayangin apa sih yang dipirkan manusia, sampai bisa terjadinya kloning, apa lagi yang namanya fotocopy. apa tanggapan anda. terimakasih diluan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita berpandangan positif saja, Cloning itu merupakan perkembangan teknologi yang tentunya sangat bagus untuk kemajuan dibidang peternakan untuk mempertahankan ternak unggul karna belum tentu apabila dikawinkan swcara alami akan mendapatkan individu yang sama persis dengan induknya...

      Delete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PROSES PEMBUATAN KECAP contoh BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL

Pengalaman Kerja Pertama